Matematika & IAD


1.       Bagaimana alam pikiran manusia berkembang?
2.       Bagaimana manusia selalu berusaha memuaskan keingintahuaanya?
Jawab :

Sejak dilahrkan manusia sudah diberi akal dan pikiran. Ketika bayi tumbuh menjadi anak kecil yang mulai bisa mengamati lingkungan, muncul bermacam-macam pertanyaan didalam pikirannya. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, anak kecil berusaha untuk mencari tahu  sendiri atau bertanya kepada ibu, ayah, kakak atau orang terdekatnya.
Alam pikiran anak akan terus berkembang sampai ia tumbuh dewasa, hanya saja rasa ingin tahu seorang anak akan melemah, jika orang-orang disekelilingnya terlalu sibuk, terlalu malas atau terlalu acuh untuk memuaskan rasa ingin tahu anak tersebut. Karena adanya rasa keingintahuan seorang anak  tentang segala hal, karenanya pikiran anak tersebut sudah mulai dibayangi oleh pertanyaan-pertanyaan sederhana mengenai  bentuk, warna dan benda yang berada disekitarnya.
Ketika dewasa pertanyaan-pertanyaan yang sederhana itu akan semakin lebih rumit yaitu tentang bagai mana hujan dapat terjadi? Bagaimana bumi dapat berputar ? dan sebagainya. Hal ini akan membuat manusia berupaya untuk mencari tahu tentang semua jawaban dari setiap pertanyaannya tersebut. Dan ketika pertanyaan tersebut sudah dapat terjawab makan manusia akan cenderung mencari jawaban dari pertanyaan yang lebih rumit lagi.
Hal ini membuktikan bahwa rasa ingin tahu manusia dan upaya manusia untuk menanggulangi keterbatasannya membuat alam pikiran manusia dapat berkembang, karena dengan rasa ingin tahu manusia dan sadarnya keterbatasan yang dimiliki, bisa membuat manusia berfikir diluar dari apa yang pernah mereka pikirkan biasanya.
Jika dibandingkan makhluk lain, tubuh manusia lemah, sedangkan rohaninya yaitu akal budi dan kemauannya sangat kuat. Manusia tidak dapat terbang seperti burung, tidak dapat berenang secepat buaya, tidak dapat mangangkat benda berat seperti gajah, dll.
Tetapi dengan akal budinya manusia menjadi makhluk yang lebih dari makhluk lainya. Kelebihan itu karena manusia memiliki akal budi dan kemauan yang keras sehingga dapat mengendalikan tubuh jasmaninya. Manusia sebagai makhluk yang berfikir diberkati rasa ingin tahu (Curiositas), tentang benda dan peristiwa yang terjadi disekitarnya, termasuk juga ingin tahu tentang dirinya sendiri. Dari dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi, akhirnya manusia dapat mengumpulkan pengetahuan. Pengetahuan yang diperolehnya tidak hanya pada benda objek yang sedang diamatinya, panca indra yang tetapi masalah lain : Baik/ buruk. Rasa ingin tahu manusia sudah berkembang tanpa batas, bukan hanya masalah peraktis saja, seperti : bercocok tanam, berburu, tetapi juga manyangkut keindahan dan seni. Hanya untuk memiliki rasa ingin tahu, seperti : manusia, melainkan selintas pada insting/ naluri. Pada umumnya dikatakan manusia berbeda dengan binatang karena akal budi yang dimilikinya. Akal bersumber pada otak, budi bersumber pada jiwa manusia.

Source :
http://endahfathonah.wordpress.com/2013/03/20/bagaimana-alam-pikiran-manusia-berkembang/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Ms. Sunshine Blogger Template by Ipietoon Blogger Template