Online Personal

INTRAPERSONAL

Artikel : Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal
Pendapat : Intrapersonal merupakan komunikasi secara pribadi, dimana pengirim dan penerima pesan tersebut itu sama (dirinya sendiri). Pengolahan informasi pada transpersonal dipengaruhi oleh proses psikologi seperti persepsi dan kesadaran (awareness) saat berlangsungnya komunikasi intrapribadi.
Hal ini juga memiliki kaitan dengan komunikasi Intrapersonal secara online (dalam dunia maya), selain dia bisa kehilangan privasinya karena terlalu sering mempublish tentang kehidupan, bahkan setiap aktivitasnya. Memungkinkan juga ada terjadinya pemanipulasian diri, seperti pemalsuan identitas, bagaimana dia menunjukan diri dengan tidak seperti siapa dia sebenarnya.

Contohnya: Orang yang di dunia nyata (kehidupan sehari-hari nya) pendiam terlihat tidak suka bergaul dengan temannya, ternyata di media sosial internet dia menggambarkan dirinya sebagai seorang yang aktif berbicara, pandai berinteraksi dengan sesama pengguna internet, menguasai informasi yang ada di dalamnya seolah dia bisa mewujudkan apa yang dia inginkan di dunia maya.



INTERPERSONAL

Artikel : Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal
Pendapat : Komunikasi ini merupakan komunikasi yang dilakukan antara antar perorangan atau komunikasi secara berkelompok. Contoh komunikasi interpersonal di dunia maya adalah Facebook, Email, Chatting, dll. Komunikasi ini juga bisa sebagai suatu komunikasi untuk mendapat respon atau timbal-balik.
Tetapi pada komunikasi ini juga memiliki beberapa dampak buruk bagi para pengguna media sosial. Seperti berkurangnya komunikasi secara langsung (tatap muka), misalnya sekelompok orang dalam satu rumah berdiskusi melalu chat-room di dunia maya. Memang, komunikasi di dunia maya lebih praktis dan lebih bisa mengeksplorisasi diri dengan orang lain bahkan dengan orang yang belum kita kenal di berbagai negara. Tetapi jika kondisinya seperti itu, akan terjadi penurunan interaksi antar idividu yang bisa menyebabkan menurunnya keakraban.



TRANSPERSONAL

Artikel : Pengantar Ilmu Komunikasi (Penerapan aliran ilmu psikologi transpersonal dalam komunikasi masa)
Pendapat : Komunikasi transpersonal bisa di katakan sebagai komunikasi dalam bentuk ketidak sadaran kolektif. Dimana dalam ketidak sadaran kolektif itu mengandung unsur tentang tuhan. Komunikasi ini sangat berkaitan dengan psikologi pada manusia, walaupun sedikit berbeda dengan teori psikoanalisis, behaviorisme dan humanistik. Dalam psikologi transpersonal  melihat bahwa setiap manusia memiliki aspek spiritual, yang bersifat ketuhanan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, ini dapat mempengaruhi komunikasi transpersonal seseorang. Dengan lupa waktu untuk beribadah, menunda waktu untuk beribadah. Karena terlalu sibuk dengan penggunaan internet.



Sumber :

1 komentar:

 
Ms. Sunshine Blogger Template by Ipietoon Blogger Template