Tugas Softskill Psikologi Manajemen

I.    Unsur kognitif: kemampuan berpikir
       Unsur sikap kerja: Kemampuan menanggapi tuntutan pekerjaan
       Unsur Kepribadian: Kemammpuan mengelola diri pribadi

II.  Daya tangkap kognitif: Untuk memahami tugas (baik melalui informasi kalimat, simbol maupun angka), daya berpikir yang konseptual (membangun konsep berpikir yang menyeluruh dan sistematis), dan juga cara analisa berpikir (menciptakan hasil pemikiran yang tepat untuk selesaikan masalah).
      Sikap Kerja: Untuk unsur sikap kerja bisa dilihat dalam beberapa aspek sikap kerja. Yaitu ketahanan terhadap tekanan (daya tahan stress), cara kerja yang cepat untuk selesaikan pekerjaan, kemauan untuk mencapai prestasi kerja yang memuaskan, ketelitian dalam melakukan pekerjaan.
    Kepribadian: Untuk unsur kepribadian bisa berupa daya penyesuaian diri (adaptasi), kemampuan menjalin interaksi dan hubungan yang baik, kemauan untuk bekerjasama dan juga bisa berupa kemampuan untuk memimpin

III.  Saya mencoba melakukan pengamatan mengenai sistem manajemen di salah satu perusahaan produksi kue (cake). Dimana struktur organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian diikuti oleh bawahan kerja dengan bagian produksi, bagian keuangan, dan bagian pemasaran.
Pimpinan  (Manager), disini peran manager yaitu sebagai pemilik sekaligus pemimpin, dimana ia bertanggung jawab terhadap perkembangan usahanya, ia juga mengontrol dan mengarahkan seluruh kegiatan pekerjanya. Dia juga bertugas sebagai pengambil keputusan dalam menentukan segala hal dalam perusahaannya.
Bagian Produksi, bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi, bertanggung jawab terhadap produk yang akan diproduksi, menjaga kualitas produk dalam proses produksi, konsisten dalam menjaga kualitas produk, menciptakan inovasi dengan varian rasa yang baru dan membuat kemasan dari produk tersebut dengan unik.
Bagian Keuangan, membuat databade data untuk pembukuan keuangan perusahaan yang meliuti pengeluaran dan pemasukan perusahaan,  membuat perencanaan pengumpulan dana, membuat laporan data keuangan, serta memiliki tanggung jawab dalam sistem keuangan tersebut.
Bagian Pemasaran, melakukan promosi, membuat even menarik, dan bersedia menerima kritik dari konsumen dengan ramah.




Nama        :  Hanifah Mardhiyah
Kelas        :  3PA11
NPM          :  13512294



0 komentar:

Posting Komentar

 
Ms. Sunshine Blogger Template by Ipietoon Blogger Template