Desain Sistem Informasi Psikologi

 

1.    Merancang sistem untuk mengelola informasi dalam psikologi
          Sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan dapat mengakses dan membuat informasi formal. Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Penggunaan sistem informasi dalam psikologi dimungkinkan karena banyak hal dalam dunia psikologi yang masih bisa dikelola dengan sentuhan komputerisasi (Jimmy, 2008).

Contohnya :
Pada proses skoring tes psikologi salah satunya adalah tes papikostik, psikolog dapat menggunakan aplikasi khusus untuk mengetahui hasilnya. Hanya dengan memasukan setiap angka yang sebelumnya telah subjek tulis di lembar kertas yang sudah disediakan. Sehingga aplikasi tersebut dapat membantu dalam mengelola dan memperoleh informasi dalam bidang psikologi.
2.    Menggunakan komputer sebagai alat bantu pengolah informasi dalam komputer
          Psikologi banyak menggunakan komputer sebagai media dalam pekerjaanya, contohnya saja sebagai media dalam mengukur IQ dan juga sebagai pengolah data. Salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam psikologi adalah program SPSS, aplikasi SPSS merupakan salah satu program komputer yang dapat digunakan dalam psikologi. SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisis statistika. SPSS sebagai software statistik pertama kali dibuat tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford University yang dioperasikan pada komputer mainframe. Selain itu, antara tahun 1994 sampai 1998, SPSS melakukan berbagai kebijakan strategis untuk pengembangan software statistik, dengan mangakuisisi software house terkemuka seperti SYSTAT. Inc, BMDP Statistical Software dll.
Contohnya :
SPSS sering digunakan oleh sebagian besar mahasiswa maupun peneliti dalam memperhitungkan hasil penelitian untuk melihat nilai reliabilitas maupun validitas dari suatu variabel yang diukur. Selain itu Ms. Excell juga membantu pengolahan data pada SPSS untuk menginput data yang akan dicari hasilnya. Oleh karena itu SPSS pada komputer sangat dikatakan membantu dalam pengerjaan suatu penelitian untuk mencapai hasil tertentu.


SUMBER
Jimmy (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Priyanto., D. (2014). Belajar sendiri spss 22. Jakarta: Grasindo.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Ms. Sunshine Blogger Template by Ipietoon Blogger Template