SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

TUGAS I


A.   Pengertian Sistem Informasi
       Pengertian Informasi
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
Abdul Kadir, McFadden dkk. mereka mendefiniskan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut. Menurut Burch & Strater bahwa informasi merupakan proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan. Sedangkan menurut Lani Sidharta mendefinisikan informasi sebagai data yang diberikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat sebuah keputusan.
Jadi, informasi adalah pesan ataupun data yang dapat meningkatkan pengetahuan seseorang dan dapat menjadi tolak ukur untuk membuat suatu keputusan sehingga dapat menghasilkan data yang lebih relevan dan berguna.


Pengertian Sistem
Menurut Marimin, Tanjung, dan Prabowo (2006) sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks.
Sedangkan menurut Kusrini & Koniyo (2007) sistem didefinisikan sebgai suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu aturan tertentu.
Jadi, sistem merupakan suatu kesatuan yang memiliki bagian-bagian, dimana bagian-bagian tersebut saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan dengan adanya prosedur. Selain itu, didalam sistem juga terdapat susunan yang saling berkaitan yang meliputi kerja sama antar bagian guna untuk mencapai tujuan maupun aturan yang ada didalamnya.

Maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah prosedur ataupun suatu proses yang saling berkaitan yang dilakukan untuk memproses suatu data sehingga data tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi manusia.

B.   Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Pengertian psikologi itu sendiri adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.
Wade & Tavris (2009) Psikologi adalah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental serta cara perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal.

Jadi, sistem informasi psikologi adalah dimana manusia dapat saling berinteraksi dan belajar untuk memahami makna-makna maupun data yang diperoleh kemudian di proses sehingga informasi tersebut dapat berguna bagi kehidupan manusia selanjutnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dimana informasi maupun data tersebut diolah dan diproses melalui perangkat yang dapat membantu menghasilkan data yang berguna seperti komputer dan manusia sebagai penggeraknya.

C.   Contoh Kasus Sistem Informasi Psikologi
Pada tes-tes psikologi berbasis online. Apabila kita sering menggunakan media jejaring sosial seperti facebook atau twitter, akan mudah dijumpai konten konten atau aplikasi yang berkaitan dengan tes psikologi seperti motivasi, dan tes-tes kepribadian. Tes psikologi dalam bentuk online seperti ini memang dapat diakui sangat praktis. Biasanya tes-tes psikologi secara online berbentuk multiple choice yaitu jawaban beruba pilihan ganda.

Analisa saya :
Dengan adanya tes-tes psikologi online, secara tidak langsung seseorang telah melakukan pemprosesan imformasi, dimana seseorang tersebut memberikan kumpulan pernyataan mengenai gambaran yang ada pada dirinya, dengan demikian pernyataan-pernyataan ataupun jawaban dari tes online tersebut akan menjadi informasi/data yang kemudian akan diolah sehingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan pernyataan tersebut. Disini karena tes-tes berbentuk secara online maka informasi yang tersedia disediakan lebih praktis.

Sumber :
Kusrini & Koniyo. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi.
Marimin, Tanjung, Prabowo. 2006. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grassindo.
Wade & Travis. 2008. Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Seputar Pengetahuan. 2015. 12 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Lengkap. http://www.seputarpengetahuan.com/2015/08/12-pengertian-informasi-menurut-para.html Diakses 10 Oktober 2015
Anonim. 2013. Sistem Informasi Psikologi.

1 komentar:

 
Ms. Sunshine Blogger Template by Ipietoon Blogger Template